Sunday, March 21, 2010

cara mudah install linux ubuntu dengan wubi

Berawal dari ketakutan saya sebagai newbie untuk install linux tapi saya ingin sekali mencoba install linux mengingat pemerintah semakin giat melakukan razia pembajakan hehe... ketauan nih bajakan maniak. Niatnya saya mau install dual boot windows dan linux tapi banyak takutnya maklum lah masih newbie, takut salah install trus hardisk keformat jadinya data2 hilang wah bisa berabe tuh!

Saya tak berhenti sampai disitu kemudian saya coba cara yang aman yaitu memakai virtual machine dan memang linux terinstall dengan aman dalam artian tidak mengganggu sistem yang sebenarnya, tapi ada masalah lain yaitu komputer menjadi lambat maklum lah si pico miliku dipaksa untuk menjalankan 2 sistem operasi sekaligus hehe...

Tidak puas dengna virtual machine saya cari referensi lain dari om google (salut lah buat om google bisa bantu orang banyak hehe ) akhirnya saya menemukan cara install linux ubuntu dengan wubi. Dengan wubi anda bisa install linux ubuntu lewat windows layaknya seperti aplikasi biasa dengan beberapa klik. langkah2nya sebagai berikut :
1. download ubuntu di http://www.ubuntu.com atau anda dapatkan cd nya dari mana saja, dan didalamnya terdapat wubi.exe

2. anda juga bisa mendapatkan wubi dari http://wubi-installer.org

3. satukan wubi.exe dan iso ubuntu dalam satu folder kemudian double click wubi.exe atau masukan cd ubuntu anda Maka akan tampil sebagai berikut :


4. Click tombol "install di dalam windows", kemudian tampil :



5. Anda bisa memilih "drive instalasi" untuk menentukan di drive mana linux ubuntu akan diinstall, kemudian tentukan seberapa besar "ukuran instalasi" yang akan dipakai instalasi, kemudian anda bisa menentukan "lingkungan desktop", "bahasa", "nama pengguna", dan "kata sandi". Setelah itu klik "pasang" atau "install" dalam b. ing. Setelah itu tampil proses instalasi seperti berikut:



6. Jika proses berhasil maka akan tampil :



7. Anda diminta untuk merestart komputer, dan setelah restart anda akan melakukan instalasi ubuntu seperti biasa.


Uninsstall linux


untuk uninstall linux yang diinstall dengan wubi maka anda cukup uninstall seperti program aplikasi windows lainnya :



Masalah yang sering terjadi :



Hal ini terjadi jika anda tidak menyertakan iso ubuntu satu folder dengan wubi.exe. Tapi hal ini tidak akan terjadi jika kompie anda sedang koneksi internet, dan kompie akan download secara langsung iso ubuntu nya tapi hal ini tentunya memerlukan koneksi yang "hebat hemat" hehe.... mending anda beli cdnya atau download iso nya secara terpisah.


Jika hal ini masih terjadi walaupun anda sudah menyatuka keduanya dalam satu folder, maka coba anda kopikan iso ubuntu nya ke drive \ubuntu\install\


Mohon maaf jika postingannya kurang enak dibaca maklum nih lagi belajar ngeblog hehehe.....


referensi :


http://macpablodesigns.wordpress.com/


http://pakelinux.com/


http://id.istanto.net/


No comments:

Post a Comment